Transaksi Mudah, Bebas Riba! Inilah Daftar Nama-Nama Bank yang Menyediakan Tabungan Syariah di Indonesia - Tabungan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transaksi Mudah, Bebas Riba! Inilah Daftar Nama-Nama Bank yang Menyediakan Tabungan Syariah di Indonesia

Tabungan.my.id - Apakah Anda ingin melakukan berbagai macam transaksi perbankan tanpa adanya unsur riba? Untuk hal ini, satu-satunya solusi adalah menggunakan jasa perbankan syariah? Pasti Anda penasaran bukan dengan seluk-beluk bank ini dan apa saja daftar nama-nama bank penyedia tabungan syariah di Indonesia? Yuk, simak penjelasannya hanya dalam ulasan berikut.

Transaksi Mudah, Bebas Riba! Inilah Daftar Nama-Nama Bank yang Menyediakan Tabungan Syariah di Indonesia

Transaksi Mudah, Bebas Riba! Tabungan Syariah di Indonesia

Bank syariah adalah bank yang menerapkan hukum agama Islam atau yang lebih dikenal dengan syariat Islam. Keberadaan bank syariah dapat berkembang dengan baik di negeri ini karena sebagian besar warga negara Indonesia adalah pemeluk agama Islam. Dalam bank syariah, para nasabahnya diajak melakukan transaksi perbankan tanpa harus melibatkan bunga atau unsur riba.

Ide Pendirian Bank Syariah di Indonesia

Pendirian bank syariah di Indonesia awalnya digagas oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) pada tahun 1990. MUI merasa perlu adanya pembentukan bank yang mampu menerapkan syariat Islam. Untuk merealisasikan rencana tersebut, maka dibentuklah kelompok kerja dan dilanjutkan dengan mengadakan lokakarya seputar bunga bank di daerah Bogor. Dari hasil lokakarya tersebut, terbentuklah Tim Perbankan MUI yang tugasnya adalah untuk melakukan pendekatan maupun diskusi dengan berbagai pihak yang terkait dengan perbankan Islam.

Kebijakan Pemerintah untuk Mendukung Bank Syariah

Gagasan pembentukan bank syariah disambut baik oleh pemerintah maupun DPR dan didukung dengan dibentuknya beberapa produk perundangan supaya perbankan syariah memiliki landasan atau payung hukum. Adapun beberapa peraturan perundangan tersebut, di antaranya:
  1. UU No.10 tahun 1998, yang menerangkan bahwa sistem perbankan di Indonesia terdiri atas sistem perbankan konvensional dan sistem perbankan syariah.
  2. UU No. 21 tahun 2008 seputar Perbankan Syariah
  3. UU No. 19 tahun 2008 seputar sukuk (Surat Berharga Syariah Negara)
Bank syariah pertama yang ada di tanah air adalah bank Muamalat di bawah PT Bank Muamalat Indonesia (BMI). Pada awal pendiriannya, memang masih sepi peminat. Namun semakin lama dan gencar dalam melakukan promosi maupun publikasi kepada masyarakat umum, maka nasabah bank syariah juga semakin meningkat.

Prinsip Perbankan Bank Syariah

Dalam perbankan syariah, terdapat dua macam akad, yaitu:
  1. Mudharabah, artinya antara bank pengelola dan pemilik dana memiliki perjanjian untuk saling bagi hasil setelah menjalankan usaha tertentu.
  2. Wadi'ah, artinya pemilik dana bisa menitipkan dana di bank pengelola. Akan tetapi, bonusnya tidak akan diberikan kepada nasabah atau pemilik dana.

Bank Syariah Terbaru Tahun 2021

Sejak Februari 2021, Bank Syariah Indonesia atau BSI resmi dioperasikan. Bank ini merupakan gabungan atau merger beberapa bank syariah BUMN yang cukup populer di tanah air, seperti PT Bank BNI Syariah (BNIS), PT Bank Syariah Mandiri (BSM), dan PT Bank BRI Syariah (BRIS). Dengan adanya merger dari beberapa bank tersebut, menjadikan BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia.

Modal awal pendirian BSI adalah sekitar Rp 20,4 triliun dan kepemilikan aset sebesar Rp 245,7 triliun. BSI memiliki target, yaitu supaya kelak pada tahun 2025 dapat terhitung sebagai top 10 bank syariah terbesar di dunia dari aspek kepemilikan modal. Saat ini, BSI memiliki 1700 ATM dan lebih dari 1200 kantor cabang yang tersebar di beberapa wilayah di tanah air.

Daftar Nama Bank Syariah Terupdate

Dari tahun ke tahun, keberadaan bank syariah semakin banyak saja. Berikut adalah beberapa bank syariah yang menyediakan rekening tabungan syariah untuk para nasabah:
  1. Bank Muamalat Indonesia
  2. Bank BCA Syariah
  3. Bank Syariah Indonesia (BSI)
  4. Bank Panin Syariah
  5. Bank Mega Syariah
  6. Bank Sinarmas Syariah
  7. Bank Syariah Bukopin
  8. Bank BTPN Syariah
  9. Bank BJB Syariah
  10. Bank Sinarmas Syariah
  11. Bank BTN Syariah
  12. Bank Victoria Syariah
  13. Bank Jabar Banten Syariah
  14. Bank Maybank Syariah
  15. Bank Bumiputera Syariah

Posting Komentar untuk "Transaksi Mudah, Bebas Riba! Inilah Daftar Nama-Nama Bank yang Menyediakan Tabungan Syariah di Indonesia"