5 Fakta Menarik seputar Bank Himbara di Indonesia. Yuk, Cek! - Tabungan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Menarik seputar Bank Himbara di Indonesia. Yuk, Cek!

Tabungan.my.id - Ada berbagai macam cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendongkrak performa dari bank BUMN, salah satunya adalah dengan membentuk bank Himbara. Sebenarnya, seperti apa sih pengertian dari bank tersebut? Mengapa harus ada bank ini dan sejak kapankah bank ini dibentuk? Pasti Anda penasaran bukan? Maka dari itu, mari telusuri perihal tentang bank ini pada ulasan berikut.

5 Fakta Menarik seputar Bank Himbara di Indonesia. Yuk, Cek!

Fakta Menarik seputar Bank Himbara di Indonesia

Awal Pembentukan Bank Himbara

Bank himbara adalah kumpulan dari beberapa bank BUMN dan merupakan singkatan dari Himpunan Bank Milik Negara. Pembentukan himpunan bank ini dilakukan pada rentang waktu 2014-2019 dari Kementrian BUMN yang saat itu masih dijabat oleh menteri Rini Soemarno. Keberadaan bank ini hingga sekarang masih ada dan terus dipantau kinerjanya oleh pemerintah.

Bank yang Termasuk Himbara

Bank himbara terdiri dari 4 bank yang sangat populer di tanah air, diantaranya yaitu bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Sebagai bank BUMN, artinya sebagian besar saham yang ada pada beberapa bank tersebut dimiliki oleh pemerintah. Setiap bank pada dasarnya memiliki jajaran direksi kepengurusan sendiri-sendiri. Akan tetapi, sebelum memutuskan suatu kebijakan mestinya didiskusikan terlebih dahulu dengan kementerian BUMN.

Pembentukan ATM Link Himbara

Salah satu bentuk sinergi yang dilakukan oleh himpunan bank ini adalah dengan membentuk ATM Link. Dengan adanya ATM Link, akan mempermudah para nasabah yang tergabung dalam Himbara sehingga mereka bisa melakukan berbagai macam aktivitas transaksi keuangan secara gratis. Beberapa transaksi keuangan tersebut bisa berupa penarikan tunai maupun cek saldo tabungan nasabah melalui ATM Link. Akan tetapi, ada pula beberapa bentuk transaksi yang dikenakan biaya administrasi, seperti pembayaran listrik, pembelian pulsa untuk handphone, top up untuk dompet digital, dan lain sebagainya tentunya dengan biaya yang lebih murah.

Keuntungan menjadi Nasabah Himpunan Bank Ini

Pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, banyak warga miskin yang terdampak pandemi tersebut. Banyak di antara mereka yang terkena PHK, masa jam kerja dikurangi, atau bahkan ada pula yang semakin miskin. Maka dari itu, untuk meringankan beban mereka, pemerintah melalui bank yang tergabung dalam Himbara ikut menyalurkan bantuan kepada mereka dalam bentuk BST (Bantuan Sosial Tunai) maupun BSU (Bantuan Subsidi Upah).

Baik BST maupun BSU disalurkan kepada nasabah melalui beberapa tahap. Untuk BSU nasabah penerima BSU tahap I dan II, penyalurannya dilakukan langsung di beberapa bank yang terhimpun dalam Himbara. Sedangkan pada tahap III, dilakukan dengan cara mengajak nasabah untuk membuka rekening secara kolektif. Pembukaan rekening kolektif tersebut dapat dilakukan pada salah satu bank yang termasuk Himbara.

Sementara itu, khusus bagi karyawan atau buruh yang memiliki Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), pencairan BSU tahap IV hanya dapat dilakukan apabila pihak HRD suatu perusahaan ataupun perwakilan karyawan menyerahkan sejumlah data lengkap lewat menu Pelaporan Data Perusahaan yang dapat dikirimkan pada website resmi Jamsostek.

Syarat Membuka Rekening Kolektif Himbara

Bagi karyawan yang belum memiliki rekening pada salah satu bank yang termasuk Himbara, maka mereka tidak perlu bingung dalam membuat rekening tersebut. Mereka bisa memilih salah satu bank yang termasuk dalam Himbara terdekat. Rekening yang dibuat adalah jenis rekening kolektif yang hanya bisa diajukan oleh pihak perwakilan perusahaan atau pihak yang memberikan pekerjaan kepada para karyawan. Selanjutnya, mereka dihimbau untuk mempersiapkan beberapa hal penting, seperti berikut:
  1. Siapkan NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  2. Tulis alamat lengkap dari nasabah
  3. Tulis nama ibu kandung nasabah
  4. Nomor telepon aktif yang bisa dihubungi
  5. Tulis tempat dan tanggal lahir
  6. Tulis alamat e-mail yang dimiliki.
Mari permudah transaksi keuangan Anda dalam bank yang termasuk sebagai bank Himbara. Rasakan kemudahan dan kecepatan setiap jenis layanannya, biaya administrasinya yang murah, hingga gampang diakses di wilayah mana pun di tanah air.

Posting Komentar untuk "5 Fakta Menarik seputar Bank Himbara di Indonesia. Yuk, Cek!"