5 keterampilan komunikasi yang harus Anda kembangkan - Tabungan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 keterampilan komunikasi yang harus Anda kembangkan

Di era digital, komunikasi yang efektif adalah keterampilan yang lebih dibutuhkan daripada sebelumnya. Mampu berkomunikasi secara efektif dalam situasi mulai dari satu lawan satu hingga pengaturan grup, atau dari tatap muka hingga situasi virtual akan membantu Anda dalam pengembangan pribadi dan kemajuan karir Anda.

Pada tingkat yang paling dasar, komunikasi yang baik melibatkan penyampaian maksud Anda serta memahami pesan orang lain. Berikut adalah beberapa keterampilan komunikasi yang paling dibutuhkan yang layak dipelajari atau ditingkatkan.

keterampilan komunikasi yang harus Anda kembangkan

Menulis

Menulis adalah keterampilan penting dan sangat dibutuhkan yang kita gunakan setiap hari. Tulisan yang jelas membantu Anda menyampaikan maksud Anda kepada pembaca, menghindari kebingungan atau kesalahan, dan dalam banyak kasus menjangkau audiens yang jauh lebih besar.

Di tempat kerja, Anda dapat menulis email kepada rekan kerja, membuat copywriting untuk klien, menyusun proposal untuk supervisor Anda, atau membuat materi penjualan untuk pelanggan. Di sekolah, Anda mungkin menulis tugas pekerjaan rumah atau laporan, atau resume dan surat lamaran untuk melamar pekerjaan.

Seperti keterampilan apa pun, menulis dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dan latihan. Mengambil kursus menulis online dan mempelajari teknik, taktik, dan tip menulis dan menerapkannya secara teratur melalui latihan akan membantu Anda meningkatkan dan menyempurnakan penulisan konten Anda.

Presentasi

Membuat dan menyampaikan presentasi adalah keterampilan yang berharga untuk mengkomunikasikan informasi, ide, dan konsep kepada audiens. Sangat berguna untuk mahir menggunakan alat yang paling umum digunakan untuk membuat dan menyampaikan presentasi, Microsoft PowerPoint.

Namun yang lebih penting daripada perangkat lunak presentasi adalah keterampilan mengetahui apa yang harus disertakan dan tidak disertakan pada slide Anda. Menjadi jelas dan ringkas, menghindari teks yang berlebihan, dan menggunakan visual yang tepat untuk penekanan semuanya penting dalam membangun presentasi yang efektif.

Seperti halnya banyak keterampilan komunikasi, cara terbaik untuk meningkatkan presentasi Anda adalah dengan latihan dalam membuat dan menyampaikannya bersama dengan mencari umpan balik dari penyaji berpengalaman.

Berbicara di depan umum

Seperti menyampaikan presentasi, menjadi efektif dalam berbicara di depan kelompok juga merupakan keterampilan yang dibutuhkan. Sementara berbicara di depan umum bisa berarti menyampaikan presentasi, itu juga bisa berarti berbicara tanpa persiapan, memoderasi debat atau panel, memfasilitasi pertemuan besar, atau mengajar kelas.

Berbicara di depan umum dapat sangat berguna jika Anda mengelola tim atau bercita-cita untuk posisi senior atau eksekutif. Keyakinan dalam berbicara di depan umum akan membantu membangun kepercayaan dengan audiens Anda.

Cara yang terbukti untuk mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum adalah memulai dari yang kecil dan berbicara di depan hanya beberapa orang, kemudian meningkatkan kemampuan Anda untuk berbicara di depan kelompok yang lebih besar.

Mendengarkan dan bertanya secara aktif

Sementara banyak orang berpikir bahwa bagian utama dari komunikasi adalah menyampaikan pesan Anda, mendengarkan seringkali menjadi lebih penting.

Mendengarkan secara efektif adalah proses aktif di mana pendengar membuat keputusan yang disengaja dan sadar untuk memahami pesan pembicara dan mengajukan pertanyaan bijaksana yang menunjukkan pemahaman mereka.

Mendengarkan secara aktif memiliki banyak manfaat, termasuk membangun kepercayaan antara Anda dan pembicara, meningkatkan kesabaran, membuat Anda lebih mudah didekati, dan meningkatkan kompetensi dan pengetahuan kita.

Mendongeng

Orang-orang menyukai cerita dan manusia telah menceritakan kisah kepada orang lain sejak zaman kuno. Cerita memiliki kepentingan di luar hiburan sederhana. Cerita menghubungkan, mendidik, dan memotivasi baik pendongeng maupun pendengar.

Dalam bisnis, mendongeng dapat membantu perusahaan menyampaikan tujuan, dan perusahaan dengan tujuan dikagumi oleh pelanggan dan dihormati oleh pesaing. Penggunaan storytelling yang efektif dalam bisnis dapat menjadi dasar untuk membuat strategi pemasaran, membangun pesan merek, dan memperkuat loyalitas pelanggan.

Semua keterampilan komunikasi yang dijelaskan di atas dan lebih banyak lagi dapat digunakan dalam mendongeng untuk membantu menghubungkan perusahaan dengan audiens mereka, memberikan makna dan tujuan pada merek perusahaan, dan menginspirasi pelanggan.

Posting Komentar untuk "5 keterampilan komunikasi yang harus Anda kembangkan"