Lupa Memverifikasi SPT PPh Anda? – Inilah yang Harus Anda Lakukan - Tabungan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lupa Memverifikasi SPT PPh Anda? – Inilah yang Harus Anda Lakukan

Anda wajib memverifikasi ITR Anda dalam waktu 120 hari sejak tanggal pengajuan. Tetapi bagaimana jika Anda tidak memverifikasi pengembalian pajak Anda dan tanggal jatuh tempo sudah berakhir? Apa yang bisa dilakukan dalam skenario seperti itu? Baca posting ini untuk mengetahuinya.

Menurut aturan perpajakan di negara itu, wajib pajak harus memverifikasi Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (ITR) mereka secara online atau offline dengan mengajukan ITR-V dalam waktu 120 hari sejak tanggal mereka mengajukan pengembalian. Jika pengembalian pajak diajukan tetapi tidak diverifikasi, itu akan dianggap tidak sah oleh departemen pajak. Selanjutnya, ITR yang tidak diverifikasi tidak akan diproses, dan pengembalian pajak, jika ada, tidak akan dibayarkan.

Meskipun verifikasi ITR merupakan langkah penting dalam proses pengajuan pengembalian, bagaimana jika seseorang lupa memverifikasi pengembalian pajaknya? Apakah mungkin untuk memverifikasi ITR setelah batas waktu 120 hari? Lihatlah

Apakah Departemen Pajak Penghasilan Mengizinkan Verifikasi ITR Setelah Batas Waktu?

Berdasarkan Bagian 119(2)(b) UU TI, departemen pajak memiliki wewenang untuk menerima klaim dan aplikasi untuk pengurangan, pembebasan, pengembalian uang, atau bentuk keringanan pajak lainnya bahkan setelah tanggal jatuh tempo yang ditentukan dalam Undang-Undang. Namun, ini umumnya hanya mungkin jika ada alasan yang sah untuk penundaan itu.

Dengan kata lain, jika Anda tidak memverifikasi ITR Anda dalam tenggat waktu karena alasan yang sah, verifikasi masih mungkin dilakukan.

Bagaimana Memverifikasi ITR Setelah Jangka Waktu 120 Hari?

Untuk memverifikasi ITR setelah batas waktu yang ditentukan, wajib pajak harus mengajukan 'Permintaan Penundaan Sumbangan' secara online. Saat mengajukan permintaan, alasan mengapa ITR tidak diverifikasi tepat waktu harus disebutkan secara rinci. Kemudian terserah departemen pajak untuk menerima atau menolak permintaan Anda.

Departemen pajak umumnya menerima permintaan penundaan jika

Klaim itu benar dan asli
Setiap individu lain tidak menilai pendapatan yang diajukan ITR
Wajib pajak memiliki alasan yang kuat untuk tidak memverifikasi ITR dalam tenggat waktu
Bagaimana Mengajukan Permintaan Penundaan Sumbangan Secara Online?
Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengajukan permintaan penundaan secara online

Kunjungi https://eportal.incometax.gov.in/iec/foservices/#/login dan masuk ke akun Anda

Di bawah tab “Layanan”, cari opsi “Permintaan Sumbangan”

Pada halaman berikutnya, pilih “Delay in Submission of ITR-V” sebagai jenis permintaan dan klik “Lanjutkan”

Pilih “Buat Permintaan Sumbangan” di halaman berikutnya

Pilih "Nomor Pengakuan". untuk mana Anda mengajukan permintaan penundaan

Masukkan alasan keterlambatan Anda dan klik "Kirim"

Jika semuanya beres, maka Anda akan melihat pesan "Berhasil Dikirimkan" di layar

Dengan masuk ke akun pajak Anda, Anda dapat mengklik “Permintaan Sumbangan” di bawah tab “Layanan” untuk memeriksa status permintaan sumbangan Anda. Jika departemen pajak menerima permintaan penundaan Anda, maka Anda dapat mengajukan ulang ITR Anda dan menyelesaikan verifikasi. Jika tanggal jatuh tempo pengajuan pengembalian sudah berakhir, maka Anda dapat mengajukan ITR yang terlambat dan membayar denda yang berlaku.

Bagaimana Jika Departemen Pajak Menolak Permintaan Penundaan Sumbangan Anda?

Seperti disebutkan di atas, pengembalian pajak penghasilan yang tidak diverifikasi di India dianggap tidak valid. Jika departemen pajak tidak menerima permintaan sumbangan Anda, maka konsekuensinya akan serupa dengan tidak mengajukan pengembalian pajak.

Hal ini dapat menyebabkan hukuman, atau wajib pajak juga dapat dipenjara karena tidak melaporkan SPT dapat dianggap sebagai bentuk penghindaran pajak.

Selalu Verifikasi Pengembalian Pajak Anda

Memverifikasi pengembalian pajak Anda adalah langkah terakhir dan paling penting dari proses pengajuan pengembalian. Seperti yang dapat dilihat di atas, tanpa verifikasi, ITR Anda akan dianggap tidak valid, dan ini dapat menyebabkan hasil yang parah.

Jika Anda gagal memverifikasi ITR Anda karena alasan yang sebenarnya, Anda dapat mengajukan permintaan sumbangan dengan mengikuti langkah-langkah yang tercantum di atas. Dalam semua kasus lainnya, pastikan Anda mengajukan ITR-V secara online atau offline untuk menyelesaikan proses pengajuan pengembalian.

Posting Komentar untuk "Lupa Memverifikasi SPT PPh Anda? – Inilah yang Harus Anda Lakukan"